Loading...

PT. Surya Energi Indotama

Sei

Pertama di Indonesia, KPBU-PJU Siap Jadikan Lombok Barat Terang Benderang

  • Sei

By Admin

August 21, 2022

Lombok, (21/08/22) – Pemerintah Kabupaten Lombok Barat dalam hal ini Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid kembali melakukan pertemuan dengan Direktur Utama PT Surya Energi Indotama (SEI) Bambang Iswanto dalam pembahasan mengenai proyek Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) Penerangan Jalan Umum (PJU).

Dalam rapat ini dihadiri oleh Sekda H. Baehaqi, Asisten II Daerah Rusditah, Kepala OPD, Direktur Utama PT SEI Bambang Iswanto, GM Pemasaran dan Penjualan PT SEI Krisna Aditya serta jajaran lainnya.

Proyek yang disiapkan sejak tahun 2018 ini merupakan upaya dari kedua belah pihak untuk bisa mewujudkan Lombok Barat terang benderang yang dimana nantinya akan ada 12.005 titik PJU yang tersebar di 176 ruas jalan nasional, jalan provinsi, dan jalan kabupaten.

SEI sebagai salah satu anak perusahaan PT Len Industri (Persero) di bidang Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi bersama dengan Pemkab Lombok Barat menyiapkan proyek KPBU PJU tersebut dimana proyek ini merupakan yang pertama di Indonesia.

Bupati melalui Asisten II Setda Lobar, selaku tim KPBU-PJU Kabupaten Lobar menyampaikan bahwa Pemkab Lobar masih harus banyak belajar dalam membuat rencana mengenai KPBU.

”Kami harus detail dan tentunya bantuan dari Menteri ESDM yang telah membantu kami dalam memastikan bahwa Lobar telah berada pada jalur yang tepat,” jelasnya.

Bambang Iswanto selaku Direktur Utama SEI mengatakan karena proyek ini merupakan yang pertama di Indonesia pastinya kedepan akan ada kendala yang dihadapi. Hal ini dikarenakan belum ada daerah lain yang bisa dijadikan contoh dalam pelaksanaan KPBU ini.

“Meskipun dihadapkan oleh banyaknya kendala, kami akan tetap memegang komitmen kami dalam melayani dan bekerjasama dengan Pemkab. Lobar,” ujar Bambang.

H. Fauzan Khalid meminta agar pada diskusi selanjutnya dapat ditindak lanjuti oleh tenaga ahli dari PT SEI dan dari Pemkab. Politisi Nasdem tersebut juga menegaskan untuk pembahasan teknis bisa lebih dipercepat dan tidak melebihi bulan September 2022.

“Awal tahun 2023 bisa dimulai untuk dilaksanakan KBPU ini,” pinta Fauzan.

Kembali Lakukan Diskusi Tenaga Ahli

Sesuai dengan permintaan Bupati Lombok Barat pada pertemuan 8 Agustus lalu, tenaga ahli kedua belah pihak melakukan diskusi yang dilaksanakan pada 15-21 Agustus bertempat di Hotel Aruna Senggigi bersama dengan Project Adlight dari KESDM EBTKE, LKPP, PT PII, PT SEI melakukan rapat koordinasi bersama menindaklanjuti dokumen pemenuhan yaitu pembahasan draft Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Selain dokumen pemenuhan, Adapun pembahasan outstanding yang akan dilakukan oleh Pemkab Lombok barat serta PT SEI guna percepatan menuju tahapan selanjutnya. Hasil dari rapat di Lombok Barat ini adalah kesepakatan jadwal finalisasi draft PKS dan pemenuhan outstanding.

Diskusi ini dihadiri oleh tim  Pemasaran dan Penjualan, Legal, Risk Management, Proyek dan Produksi, serta tim Akuntansi Keuangan dari PT Surya Energi Indotama.

Harapannya, setelah diskusi intensif yang dilakukan, KPBU-Lombok ini akan segera terlaksana dengan lancar sesuai dengan harapan bersama demi kemaslahatan masyarakat dan mewujudkan Lombok Barat yang terang benderang.

Kontak Kami:
EnglishIndonesian